fbpx

Cara Tepat Memilih Sikat Gigi

Mencegah Karies Gigi
May 23, 2019

Cara Tepat Memilih Sikat Gigi

Menyikat gigi adalah ritual wajib yang harus dilakukan setiap hari demi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada berbagi macam merk sikat gigi yang dijual di pasaran. Namun, perlu diperhatikan bahwa memilih sikat gigi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang penting supaya lebih optimal dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berikut adalah tips yang harus kamu perhatikan saat memilih sikat gigi.

Bulu Sikat

Ada tiga jenis bulu sikat gigi yaitu soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli kesehatan gigi menyarankan untuk memilih bulu yang tidak terlalu lembut atau kasar, seperti misalnya sikat gigi dengan bulu halus, baik itu untuk orang tua maupun untuk anak-anak. Sikat gigi dengan bulu halus akan menyingkirkan plak tanpa merusak lapisan luar atau enamel gigi. Sebab, enamel gigi sangat rentan terkikis dan dapat memengaruhi keadaan gigi sensitif. Para ahli kesehatan gigi juga menambahkan jika permukaan gigi  berantakan sebaiknya pilih sikat gigi yang lembut. Dengan demikian, bulu sikat bisa masuk ke sela-sela gigi yang susah dijangkau

Ukuran Kepala Sikat

Pilihlah kepala sikat yang tidak terlalu besar supaya dapat menjangkau bagian terdalam dari mulut seperti geraham, yang merupakan bagian gigi yang sering penuh dengan sisa makanan. Pemilihan sikat berkepala kecil sangat tepat karena lebih fleksibel menjangkau sela-sela gigi.

Gagang Sikat Gigi

Sikat gigi yang nyaman adalah yang sesuai dengan kebutuhan kondisi gigi dan mulut. Disarankan untuk memilih sikat gigi yang memiliki grip atau pegangan yang agak panjang agar nyaman digenggam. Lalu, usahakan cari non-slip handle grip agar sikat nggak mudah lepas dari genggaman karena licin. Setidaknya, handle grip tersebut harus nyaman dipegang selama 3 menit, yakni waktu yang ideal untuk menyikat gigi. Perlu diperhatikan juga, untuk menghindari gusi berdarah saat sikat gigi, jangan menyikat gigi terlalu kencang, ya!

 

Sumber : www.listerine.co.id // www.health.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.