fbpx

Dokter Konservasi Gigi, Apa Tugasnya?

Pasang Behel Gigi, Jangan Dulu Sebelum..
August 11, 2022
Scaling Gigi: Penting!
August 25, 2022

Dokter Konservasi Gigi, Apa Tugasnya?

Sama dengan bidang kedokteran lain, dokter gigi juga memiliki bidang sub-spesialisasi khusus. Salah satunya bidang konservasi gigi. Apa bedanya dengan dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis lainnya? Kapan kita perlu melakukan perawatan gigi di dokter spesialis konservasi gigi?

Apa Itu Dokter Spesialis Konservasi Gigi?

Prinsipnya, tugas utama dan paling mendasar dari dokter spesialis konservasi gigi atau yang bisa juga disebut dengan endodontis adalah menjaga gigi untuk dapat selama mungkin berada di tempatnya, dan menjalankan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

Untuk tujuan itu, maka jika ada masalah pada gigi, baik itu berlubang, tidak terlihat bagus secara estetika, atau masalah-masalah gigi lainnya, maka dokter spesialis inilah yang paling “keukeh” atau paling “ngotot” melakukan perbaikan dan perawatan untuk mempertahankan gigi selama mungkin. Tidak dicabut, kecuali ada tindakan-tindakan lain yang dirasa diperlukan, termasuk merujuk ke bidang spesialisasi gigi lain seperti periodonsia atau prostodonsia.

Kapan ke Spesialis Konservasi Gigi?

Secara umum, beberapa perawatan yang dilakukan dokter konservasi gigi adalah sebagai berikut :

  1. Pencegahan dan perawatan gigi berlubang
  2. Penambalan gigi
  3. Perawatan syaraf saluran akar dan sisa akar gigi
  4. Perawatan Estetik gigi bleaching, veneer, dll
  5. Bedah endodontik. Seperti pada kasus trauma gigi akibat kecelakaan, cedera, dll

Perawatan yang umumnya paling banyak memerlukan perawatan konservasi gigi adalah adalah gigi berlubang plus infeksi pada geraham yang juga memerlukan perawatan saraf yang komplek seperti pemotongan akar gigi dan memerlukan pembedahan. Selain itu,  perawatan yang berkaitan dengan estetika, terutama gigi depan, juga menjadi salah satu “pekerjaan utama” dari dokter gigi di bidang ini.

Perawatan Konservasi Gigi di Wibowo Dental Clinic

dokter spesialis konservasi gigi terdekat

Penerapan teknologi pada perawatan gigi sangat membantu untuk memastikan perawatan dapat dilakukan dengan optimal. Sama dengan perawatan di bidang periodonsia dan prostodonsia, perawatan konservasi gigi di Wibowo Dental Clinic juga ditunjang dengan penggunaan 3D CT-Scan yang memungkinkan dokter untuk melihat kondisi gigi dan mulut dengan detil, mulai akar, gigi, jaringan di sekitarnya, ,dan bahkan bentuk tengkorak pasien. Dengan mengetahui kondisi gigi secara pasti, perawatan akan dapat dilakukan dengan tepat.

Selain itu, Wibowo Dental Clinic juga memiliki teknologi laser treatment yang digunakan untuk membuang bagian gigi yang rusak/karies, mengontrol pendarahan dan rasa sakit yang terjadi pada saat proses tindakan pembedahan gusi, dll.

Masih ingin tahu lebih detil mengenai tugas, fungsi, dan perbedaan dokter konservasi gigi dengan dokter gigi umum atau dokter spesialis gigi lainnya. Tonton video Q&A bersama drg. Stefano, Sp. KG di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.