fbpx

Scaling Gigi: Penting!

Dokter Konservasi Gigi, Apa Tugasnya?
August 20, 2022
Gigi Mati, Banyak Dikira Sembuh dari Sakit
September 3, 2022

Scaling Gigi: Penting!

scaling gigi surabaya

Scaling gigi merupakan tindakan membersihkan plak gigi yang terbentuk dari bakteri yang bercampur dengan sisa makanan dalam mulut, dan kemudian mengering, terkena air liur, dan kemudian membentuk karang gigi. Nah, karang gigi ini mengandung jutaan bakteri. Kebayang kan kalau tidak bersihkan? Tidak saja menimbulkan masalah seperti kerusakan gigi, namun juga ada risiko yang juga tidak kalah “mengerikan”: Masalah estetika dan bau mulut yang tidak sedap.

Satu paragraf di atas tentu sudah mewakili dan menjawab pertanyaan kenapa scaling gigi  yang mungkin bagi banyak orang terdengar tidak penting, ternyata sangat krusial untuk kesehatan gigi.

PLAK TIDAK BISA HILANG HANYA DENGAN SIKAT GIGI?

Muncul pertanyaan berikutnya, apakah plak tidak bisa dibersihkan dengan menyikat gigi? Bisa, tapi sulit. Khususnya buat yang tidak rajin dan “telaten” menyikat gigi setelah makan. Alasan lainnya, walaupaun Anda rajin menyikat gigi, ada banyak keadaan dimana terkadang sisa makanan tidak bisa terangkat dengan sempurna, sehingga kemungkinan terjadinya penumpukan dan membentuk plak juga masih tetap ada.

MANFAAT SCALING GIGI LAINNYA

Selain mengangkat plak dan karang gigi, scaling gigi juga memiliki banyak manfaat lain, di antaranya :

  • Mencegah kerusakan jaringan di sekitar gigi karena asam dan enzim yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut.
  • Mengurangi risiko pembengkakan jaringan dan risiko pendarahan akibat respon imun terhadap bakteri yang ada pada plak.
  • Memelihara kesehatan gigi, tulang, dan jaringan di sekitar mulut.
  • Mencegah penyakit periodontis.

KAPAN HARUS MELAKUKAN SCALING GIGI?

Karena plak terjadi salah satunya disebabkan penumpukan makanan, dan makan adalah aktifitas sehari-hari yang dilakukan secara terus menerus, maka sangat disarankan untuk membersihkan plak dan karang gigi sekurang-kurangnya setiap enam bulan sekali atau dua kali dalam satu tahun. Hal ini untuk menghindari menumpuknya plak dan karang gigi, serta mengantisipasi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan seperti penyakit gusi dan gigi.

Namun, ada juga beberapa kondisi yang sebaiknya membuat seseorang harus memeriksakan diri atau membersihkan plak dan karang lebih sering. Di antaranya perokok aktif, sering mengonsumsi gula, kopi, teh, soda, dll. Apalagi kalau orang tersebut termasuk tipikal yang tidak terlalu rajin membersihkan gigi.

PERAWATAN SCALING GIGI DI WIBOWO DENTAL CLINIC

Sebelum Scaling Gigi, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan awal, termasuk riwayat kesehatan pasien. Hal ini penting untuk mencegah risiko yang bisa terjadi pada perawatan scaling gigi.

Selanjutnya, dokter akan memetakan kondisi gigi dan mulut, serta dimana plak berada. Dan dokter akan melakukan anestesi lokal untuk mengurangi rasa nyeri yang mungkin muncul. Takut suntik? Tenang, di Wibowo Dental Clinic, injeksi atau suntik dilakukan dengan menggunakan computer-controlled dental injection dimana proses anestesi atau suntik dilakukan secara terkomputerisasi untuk memastikan laju aliran obat yang disuntikkan akan berlangsung secara lembut dan stabil. Dengan demikian, proses injeksi akan terasa lebih nyaman dan tidak sakit.

Sementara, pembersihan plak dan karang gigi dilakukan dengan alat pengikis bergelombang ultrasonik yang juga dapat mengeluarkan asap dingin dari air untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi. Setelahnya, dokter akan menggunakan alat pengikis manual atau scaler dengan ujung runcing untuk membersihkan plak dan karang di daerah yang tidak terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.